Get paid to share your links!

WAN dan Internet

Wednesday, February 6, 2013



1.Apakah WAN adalah Internet?
2.Apakah Internet adalah WAN?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya harus mengkaji lebih jauh tentang WAN dan internet.
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan router dan alat komunikasi publik yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara,atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.


WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
WAN terdiri dari kumpulan mesin – mesin yang bertujuan untuk menjalankan program program aplikasi pemakai. Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya dibawah tanah maupun melewati jalur batas bawah laut. Kecepatan transfernya hingga 64kbps . 

Sedangkan Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking
Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Dari penjabaran diatas dapat saya simpulkan sebagai berikut:
Jawaban:
  1. Bukan, karena internet menghubungkan jaringan dalam lingkup global(dunia), sedangkan WAN adalah jaringan dalam area luas tetapi belum tentu jaringan dalam lingkup global(dunia).
  2. Ya, karena internet merupakan jaringan dari beberapa WAN yang saling terhubung , sehingga terbentuk jaringan global(dunia).



Daftar Rujukan



Anonim. ___. Internet. Online(http://id.wikipedia.org/wiki/Internet)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger